Saturday, February 16, 2008

ketika sakit

Siapapun yang pernah merasakan sakit, pasti akan merasakan bahwa sakit itu tidak enak. Minimal, ketika sakit datang, kita tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasa. Belum lagi kepada hal lain-lain seperti badan yang tidak enak, pegal, tidak selera makan, dsb dsb........Itu, makanya sehat menjadi sesuatu yang harus disukuri. Sehat merupakan nikmat yang luar bisa, namun seringkali kita sepelekan. Sringkali kita mengukur bahwa yang namanya rezeki itu harus berbentuk materi, padahal kesehatan mental maupun fisik merupakan aset untuk melakukan banyak hal, termasuk salah satunya adalah mencari rezeki di bumi Allah.
Kembali kepada sakit, kenapa sakit? Ada beberapa hal. 1) sakit merupakan akibat dari kelalaian kita dalam memberikan hak jasad kita secara adil, sehingga mengganggu keseimbangan tubuh. 2) sakit bisa jadi peringatan baik pada kita atau keluarga kita atas sesuatu kesalahan yang mungkin kita lakukan, dan yang 3) sakit merupakan media, untuk membersihkan diri, karena ketika kita sakit dosa-dosa kita dilebur, dan ini merupakan nikmat dari tidak enaknya sakit yang kita rasakan.
Namun sebagai manusia normal tentunya kita lebih memilih sehat, karena kita bisa melakukan lebih banyak hal termasuk beribada. Namun ketika kita sakit pun kita bisa melakukan banyak hal termasuk beribadah, dengan istighfar, dzikir dan bersyukur karena diberikan nikmat untuk melebur dosa kita kepada Sang Pencipta :)

No comments: