Thursday, February 15, 2007

Membaca dan Berwawasan

Hari ini dan dua hari yang lalu saya menjadi juri olimpiade ekonomi syariah di acara second yang diselenggarakan anak-anak fossei. Mulanya ga pede, tapi setelah diyakinkan akhirnya saya berani juga tampil sebagai juri dan bisa memberikan beberapa komentar. Melihat mereka, ada rasa iri di dalam hati, mereka muda-muda, energik dan berwawasan luas. Hal yang terakhir mungkin perlu digaris bawahi. Berwawasan luas bukan anugerah yang jatuh dari langit. Ia harus diusahakan. Dengan banyak cara: mendengar, melihat, membaca, mengkaji dan memikirkan. Ada 5 M. Dari 5 ini ada aktifitas yang sepertinya agak terabaikan.
Rasanya dalam beberapa bulan terakhir aktivitas membaca saya agak menurun. Alasan sibuk, capek, dikejar deadline dan sebagainya muncul jadi PEMBENARAN. Padahal aktivitas saya menuntut saya untuk selalu memiliki banyak wawasan. Hm, ibarat sapi saya cuma diperah susunya tapi ga pernah dikasih makan. Air dalam gelas, kalau terus-terusan diminum dan ga pernah diisi pasti akan habis. Ngeri rasanya membayangkan otak saya kering kerontang, seperti sawah yang retak-retak pada musim kemarau. hiiiiiiii serem! so, kesimpulannya? BACA itu HARUS!!!!!!!!!

No comments: